Rabu, 16 Februari 2011

Cara Kurangi Penderitaan Hidung Tersumbat


 http://blog.indojunkers.com/wp-content/uploads/2011/01/2011_01_20_12_48_20_IDUNG-DC.jpg

Gejala pilek, seperti hidung tersumbat, demam, pegal, sakit kepala, dan batuk memang sangat tidak membuat kita nyaman. Meski beberapa gejala tersebut telah sembuh setelah beristirahat dan menjalani pengobatan, ada yang masih tertinggal yakni masih mengalirnya lendir atau ingus dari hidung.

Penumpukan lendir itulah yang kemudian menyebabkan hidung kita tersumbat. Untuk mengatasinya, kita biasanya selalu menyediakan tisu atau kerap ke kamar mandi untuk megeluarkannya agar hidung bisa kembali bernapas. Berikut ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi kondisi tersebut:

 1. Minum banyak air. Penting untuk menjaga cairan dalam tubuh supaya kondisi hidung tetap lembap sehingga lebih kebal terhadap infeksi.

2. Berada di tempat hangat. Berdiam di ruangan berpendingin justru akan memperburuk penyumbatan hidung karena bertambahnya lendir sehingga kepala akan terasa nyeri.

3. Perbanyak asupan vitamin C. Makan buah yang kaya vitamin C seperti jeruk dan stroberi. Atau, Anda juga bisa meminum suplemen vitamin C.

4. Kunyah saja jahe untuk mengurangi ingus sehingga penyumbatan hidung terbuka. Coba makan 3 irisan jahe setiap harinya. Jahe memang merupakan obat alami yang terbilang efektif.

5. Saat hendak mengeluarkan ingus dalam hidung, jangan dipaksa. Hembuskan napas melalui hidung secara perlahan. Usahakan jangan menyedot ingus.


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost