Selasa, 07 Juni 2011

Survei Indo Barometer, Publik Lebih Suka Soeharto Dibanding SBY


Ilustrasi/ Foto: Koran SINDO
Ilustrasi/ Foto: Koran SINDO
JAKARTA - Meski era kepemimpinan Almarhum Presiden RI ke-2 Soeharto dianggap korup, tetapi tak membuat publik memandang Soeharto negatif seluruhnya.

Lembaga Survei Nasional Indo Barometer merilis era Soeharto lebih disukai dibanding kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam surveinya, Indo Barometer menanyakan pendapat publik mengenai kepemimpinan enam presiden Indonesia yakni Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Hasilnya Soeharto yang paling disukai publik (36,5%), disusul SBY (20,9%), dan Soekarno (9,8%). Soeharto pun dianggap yang paling berhasil (40,5%),
disusul SBY (21,9%), dan Soekarno (8,9%).

"Mayoritas publik menyatakan bahwa kondisi saat Orde Baru adalah lebih baik (40,9%) dibandingkan kondisi saat ini (22,8%)," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam rilis hasil survei yang diterima okezone, Minggu (15/5/2011) malam.

Publik yang tinggal di pedesaan maupun perkotaan menyatakan Orde baru lebih baik. Namun secara persentase, publik perkotaan menyatakan Orde Baru lebih baik adalah lebih tinggi (47,7%) dibandingkan publik pedesaan (35,7%).

Survei ini dilakukan tanggal 25 April–4 Mei 2011 di 33 provinsi di Indonesia. Jumlah responden 1200 orang dengan tingkat margin of error 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Mayoritas publik menyatakan bahwa Orde Baru adalah lebih baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan keamanan. Namun untuk kondisi hukum yang lebih baik adalah di Orde Reformasi," sambung Qodari.



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost