Senin, 18 Juli 2011

Tips Jogging Untuk Dapatkan Manfaat Terbaiknya



Jogging memang merupakan olahraga ringan yang bermanfaat, tetapi jika Anda tidak melakukannya dengan tepat, maka resiko cedera akan selalu menghantui Anda. Jadi, apa yang perlu diperhatikan dalam melakukan latihan kardio yang hebat ini agar Anda bisa dapatkan manfaatnya dengan optimal? Temukan tipsnya dalam artikel berikut ini!


Alas Kaki Yang Tepat
Spoiler for Alas Kaki:


Ketika Anda berolahraga ringan seperti berlari atau jogging, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah alas kaki. Pastikan Anda mengenakan sepatu dan kaus kaki atletik. Idealnya, gunakan sepatu lari yang cocok, pas, dan nyaman terpasang di kaki Anda, dan gantilah sepatu Anda bila sudah mulai rusak. Cobalah menemukan sepatu yang terbaik untuk Anda. Risiko yang umum terjadi saat berlari dan jogging jika Anda tidak mengenakan sepatu yang tepat adalah keseleo, cedera lutut, dan lecet. Jadi ketika jogging, pastikan sepatu Anda telah terpasang dengan benar.

Perhatikan Track Jogging Dengan Baik
Spoiler for Track:


Pastikan Anda memperhatikan rute dan kondisi track jogging agar terhindar dari cedera akibat tersandung dan lainnya. Jauhkan diri dari tanjakan yang curam, permukaan berbatu, atau yang memiliki banyak hambatan seperti lalu lalang kendaraan dan lainnya.
Berjalan di rute dengan medan yang menantang memang merupakan sesuatu yang seru, tetapi Anda hanya akan merugikan diri sendiri jika Anda tidak terampil dalam hal itu. Ketika Anda jogging atau berlari di medan yang berbukit, lutut kaki dan sendi kaki mendapatkan tekanan yang besar, maka dari itu, Anda harus memulai kegiatan ini dengan berjalan medan datar baru kemudian menambahkan bobot tekanan pada latihan Anda.


Pemanasan Dan Peregangan

Spoiler for Peregangan:

Saat berlari ataupun jogging, untuk pemanasan pertama, lakukan pemanasan dan lakukan dengan santai. Jangan berjalan dengan kecepatan penuh, jangan berhenti tiba-tiba. Saat akan berhenti, kurangi kecepatan secara perlahan, baru kemudian Anda berhenti. Mulailah dengan perlahan, dan akhiri pula secara perlahan-lahan agar otot Anda tidak shock. Lakukan peregangan otot untuk mendinginkan kondisi tubuh yang panas.
Jogging adalah olahraga mudah dan murah yang bisa dilakukan siapa saja. Asalkan dilaksanakan dengan baik dan benar, tentu akan memberikan hasil yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika Anda tidak memiliki waktu ditengah kesibukan, cobalah ketika akan melakukan dan sebelum mengakhiri aktivitas Anda habiskan waktu berjalan beberapa menit di trotoar jalan! Mulailah kebiasaan baik ini dari hal yang kecil untuk mendapatkan manfaat yang besar!





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9231995


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost