Rabu, 10 Agustus 2011

Nenek Ini Berenang dari Kuba ke Florida



Seorang nenek berusia 61 tahun asal Amerika Serikat menjadi manusia pertama yang sanggup berenang dari Kuba ke Amerika tanpa alat pelindung dari serangan ikan hiu.



Diana Nyad--nama perempuan gaek itu--meninggalkan Havana pada Ahad, 7 Agustus 2011, akan tiba di Key West di Florida, pada Rabu, 10 Agustus 2011 lusa.

Amerika Serikat dan Kuba sesungguhmya saling bermusuhan. Hingga kini kedua negara itu tak memiliki hubungan diplomatik. Kendati demikian keduanya memberikan izin kepada Nyad untuk mengarungi lautan yang penuh ikan buas tersebut.

Nyad dikenal sebagai salah seorang perenang gaya punggung terbaik di dunia pada era 1970-an, tapi dia gagal mewujudkan keinginannya untuk menyeberangi lautan ganas tersebut dari Kuba menuju negerinya pada 1978 ketika usianya 28 tahun.

Kini, di usianya yang 61 tahun, dia memutuskan untuk mewujudkan kembali ambisinya yang terbenam sejak 33 tahun silam kendati alam laut sepanjang 103 mil atau 166 kilometer yang membentang dari Havana ke Key West, Florida, penuh dengan ikan hiu

Sebelum mengarungi samudera, Nyad mengatakan kepada para wartawan, meski dirinya telah pensiun dari dunia renang sejak 30 tahun silam, keinginan untuk mewujudkan berenang di laut Havana menuju Florida tetap diimpikan dalam hidupnya.

"Dalam hidupku aku bermimpi menjadi orang pertama yang berenang di tengah laut tanpa pelindung antihiu," ujarnya. "Aku tidak pernah berpikir kembali ke olahraga ini. Olahraga ini sangat melelahkan," ucapnya.

Untuk melakoni kegiatan nekatnya, Nyad terus berenang tanpa tidur sedetik pun selama tiga hari, kecuali berhenti sejenak setiap 90 menit sekadar untuk makan yang diberikan oleh pemandunya melalui selang.

Selama berenang Nyad dikawal oleh tim medis yang berada di atas perahu karet disertai ahli gizi dan tim pengawal jika ada serangan hiu. Selain itu ada dua kayak yang dikayuh di sisi kiri-kanan Nyad yang membawa perlengkapan antihiu. Alat itu digunakan bila sewaktu-waktu ada serangan hiu. Tim lain adalah para penyelam yang siap terjun ke dalam laut dan membawanya ke pantai.[tempo]


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost