Minggu, 14 Agustus 2011

Toko Online Diyakini Bakal Booming


Semakin meningkatnya layanan data internet bagi pengguna ponsel diperkirakan bakal membuat toko-toko online di Indonesia menjadi tren masyarakat. Bahkan pembelian melalui online tersebut diperkirakan bakalan booming dalam waktu dua atau tiga tahun ke depan.
"Berbelanja secara online melalui dunia maya di Indonesia semakin diminati. Hal ini karena jaringan internet yang semakin tinggi. Dengan metode pembayaran yang aman dan jasa pengiriman yang terpercaya saya yakin dalam dua-tiga tahun lagi belanja online bisa booming," kata AVP Marketing Communication Multiply Edward K Suwignyo di Jakarta, (11/8/2011).
Dijelaskannya, saat ini perilaku masyarakat Indonesia dan Filipina yang telah gandrung terhadap keberadaan smartphone semakin mendorong mereka keranjingan berbelanja di dunia maya. Sebagai contohnya multiply.com mengubah platform karena perubahan perilaku tersebut.
Masyarakat Indonesia dan Filipina gemar menjual barang melalui akun yang dimilikinya, karenanya multiply berusaha menggabungkan social media dengan e-commerce menjadi social commerce atau interaksi (termasuk belanja) dalam e-commerce.
Segala macam barang bisa diperjualbelikan dalam toko online tersebut. Saat ini multiply memiliki 2 juta akun, dimana jumlah pengunjung mencapai 7 juta, dan page view 70 juta per bulan. Ranking dari situs ini di peringkat Alexa pada nomor 24 yang dikunjungi di Indonesia. Sedangkan pemilik akun yang membuat toko online sebanyak 45 ribu toko, dimana barang yang dijual dominan adalah baju dan perlengkapan bayi.
“Umumnya nilai transaksi sebulan itu sekitar Rp 100-200 ribu. Hanya 10-20 persen dari total transaksi yang bisa mencapai Rp 5 juta. Sekarang kami ingin meningkatkan transaksi dengan menggandeng XL membuka toko online untuk menjual perangkat bergerak. XL adalah  operator  pertama membuka toko di multiply,” ungkapnya.
Pada tahun-tahun ke depan, jelasnya, persaingan toko online di Indonesia akan menjadi besar karena banyak toko-toko online dan platformnya bakal masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah yang telah menguasai perdagangan lewat online dunia yaitu Raputen. [www.diselubung.com]


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost