Rabu, 04 Januari 2012

BAHAYA MEMBAWA TAS BERAT

Tas memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Tas merupakan tempat menyimpan berbagai barang bawaan saat berpergian, sekaligus sebagai assesoris agar terlihat lebih gaya.

Namun, tahukah anda bahwa membawa tas terlalu berat dapat membahayakan? mayoritas orang tidak terlalu peduli dengan bobot tas yang mereka bawa setiap hari. Padahal, berat tas yang melebihi 10 % bobot tubuh akan berdampak buruk pada kesehatan tulang dan sendi-sendinya.

Sendi dan tulang yang terlalu lama menerima berat yang berlebihan akan menjadi nyeri dan terganggu pertumbuhannya.


Untuk tas jenis ransel, beban yang berlebihan akan membuat tulang belakang menjadi bungkuk serta tulang pundak menjadi nyeri dan cedera.

Bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan, bahaya itu akan lebih besar lagi dampaknya, sebab berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi badan anak dan juga struktur tulang belakang yang tidak lurus. Anak dapat menjadi bungkuk karenanya.

Hampir sama dengan tas pundak atau tas selempang, struktur tulang pundak bisa juga menjadi miring jika seseorang mempunyai kebiasaan membawa tas pada satu sisi saja.

Jadi, selain memperhatikan berat tas yang tidak boleh lebih dari 10%-15% berat tubuh Anda, kebiasaan membawa tas hanya di satu sisi tubuh juga sebaiknya ditinggalkan.

Solusinya, jika memang bawaan anda sangat banyak, tidak ada salahnya anda menggunakan tas troli beroda agar anda tidak bermasalah dengan tulang anda.


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost