Minggu, 15 Januari 2012

Resensi Buku Manusia Setengah Salmon

Buku ini adalah buku terbaru Raditya Dika yang masih menganut filosofi lamanya, yakni bergenre komedi. Buku yang enggak bisa dibilang novel ini melainkan sebuah kumpulan tulisan lucu dari si-pengarang sudah terbit dari hari kemaren (24 desember 2011) serentak di gramedia seluruh Indonesia. Ketika saya buka blognya Raditya Dika, saya mengetahui informasi bahwa buku terbaru dia akan terbit dengan judul yang sangat aneh, Manusia Setengah Salmon. Dengan covernya yang menampakkan wajahnya yang (hampir) penuh sisik di bagian muka sebelah kanan. Menambah kesan misterius serta horor dalam benak saya sendiri (kayak di film-film gitu, ada yang kena kutuk jadi ikan).

Walupun terkesan demikian, karya ini sendiri sebenarnya mengungkapkan tentang kisah perpindahan: Seperti pindah rumah, pindah hati, pindah sekolah, bahkan sampai pindah alam. Seperti salmon yang harus bermigrasi (pindah) ketempat lain yang jauhnya luar biasa hanya untuk bertelur saja. Hal ini lah yan mungkin ingin diungkapkan oleh penulis tersebut.


**

Bukunya sendiri masih menceritakan tentang pengalaman pribadi (walaupun gak semuanya) dengan gaya bahasa yang kocak serta diselingi beberapa ilustrasi komikus indonesia dan beberapa BAB yang memberikan tips lucu kepada para pembaca, membuat buku ini menjadi daya tarik tersendiri buat dibaca. BAB dalam buku ini pun dibuat selang-seling, seperti Bab pertama bercerita tentang pengalaman lalu BAB kedua berhenti bercerita diganti dengan memberikan lelucon segar yang berkaitan dengan kehidupan asli. Pokoknya kayak gitu, sampe yang terakhir. Dan bagian BAB favorit saya adalah "Bakar Saja Keteknya" yang bikin saya jadi ketawa enggak jelas.

Read more: http://www.jejakbocah.com/2011/12/resensi-buku-manusia-setengah-salmon.html#ixzz1jTc0cAFE


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost