Sabtu, 12 Februari 2011

Tanda Tanda Orang Hamil - Ciri Ciri Wanita Hamil


Tanda tanda orang hamil atau Ciri-ciri wanita yang lagi hamil menunjukkan gejala dan ciri tertentu. dengan mengetahui tanda-tanda wanita hamil dapat membantu anda sebagi suami.

1. Sering Buang Air Kecil
Keadaan ini berlangsung dalam dua periode, periode hamil muda dan periode hamil tua. Setelah usia kehamilan 12 minggu, rahim sudah mulai berada dua jari di atas rongga panggul, sudah masuk ke rongga perut. Pada saat itu rahim akan menekan kandung kemih. Tak heran, Moms lebih sering ingin buang air kecil. Hal ini akan berlangsung dari usia kehamilan 12 hingga 16 minggu.

Pada hamil tua, sering kecing disebabkan karena kepala janin sudah masuk ke rongga panggul. Biasanya mulai ada penurunan kepala janin dari usia kehamilan 34 minggu hingga 37 minggu.

2. Perut Membesar
Disebabkan adanya pertumbuhan janin. Pada kehamilan 20 minggu bagian teratas rahim sejajar dengan pusar (umbilicus). Kebanyakan wanita mulai tampak pembesaran perutnya pada kehamilan 16 minggu. Jika Moms teratur kontrol ke dokter, bisa diketahui apakah perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilan, apakah hamil kembar atau adakah gangguan dengan perkembangan janin.

3. Sakit Perut Bagian Bawah
Perut terasa kencang seperti mau BAB, atau merasa sakit pada perut bagian bawah. Akan dirasakan pertama kali pada usia kehamilan 16-18 minggu akibat kontraksi.

Sebenarnya usia kehamilan 12 minggu janin sudah mulai berkontraksi, tapi belum dirasakan Moms karena ukuran rahim masih kecil. Gerakan janin lebih jelas dirasakan pada usia kehamilan 24 minggu. Setiap kali janin bergerak maka rahim akan mengencang yang disebut kontraksi Braxton Hicks, menandakan adanya rangsangan dari janin terhadap rahim Moms. Sebaliknya, jika kehamilan terjadi di luar rahim, Moms tidak merasakan adanya kontraksi janin dalam rahim.

4. Payudara Kencang dan Membesar
Juga dipengaruhi oleh peningkatan hormon saat hamil yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan memberi nutrisi pada jaringan payudara. Perubahan ini akan dirasakan setelah usia kehamilan 3 bulan. Puting dan sekitarnya akan semakin berwarna gelap dan besar, serta ada bintik-bintik kecil yang timbul di sekitar putting, itu disebut kelenjar kulit.

5. Kaki dan Tangan Membengkak
Tidak dialami oleh semua ibu hamil. Tapi, kaki membengkak itu wajar asalkan tekanan darah pada Moms ada pada batas normal. Hal ini diakibatkan oleh perubahan volume darah yang otomatis akan bertambah dua kali lipat untuk memenuhi kebutuhan janin sehingga beban jantung bertambah berat. Makanya, ibu hamil tidak boleh berdiri atau duduk terlalu lama. Dikhawatirkan cairan darah akan menurun ke bawah oleh gaya gravitasi atau terjadi retensi cairan (penumpukan cairan yang berlebihan).

Untuk mengurangi retensi cairan hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Pada saat berbaring naikkan sedikit tungkai kaki Moms, kurangi garam atau gunakan garam dalam batas wajar.

Biasanya pembengkakan mulai timbul saat usia kehamilan 24 minggu, tapi rata-rata terjadi pada 28 atau 32 minggu usia kehamilan. Tapi, ingat! Harus diwaspadai apakah kaki dan tangan membengkak masih dalam batas wajar atau sebaliknya, terjadi keracunan kehamilan (preeklampsia).

6. Lebih sensitif
Kondisi seperti ini biasanya tergantung dari kesiapan Moms untuk hamil. Kadang-kadang Moms jadi pemarah, malas dandan atau malas beraktivitas, juga cenderung sensitif. Perubahan perilaku Moms ini disebabkan karena produksi hormon progesteron dan estrogen yang cenderung naik turun.

Waspadai bila Moms dilanda kecemasan yang berlebihan hingga berujung stres dan perilakunya membahayakan janin. Pasalnya, suasana hati yang tidak menentu dan emosi meledak-ledak bisa memengaruhi asam lambung.

Nah, pada kehamilan trimester kedua hingga ketiga kondisi emosi Moms sudah mulai stabil karena hormon progesteron, hCG mulai turun sehingga Moms menjadi lebih tenang, nafsu makan membaik, kulit mulai bersih, rambut bercahaya. Tapi pada trimester ketiga, Moms tetap perlu perlu dukungan dari suami maupun keluarga besar untuk mempersiapkan persalinan.

7. Sulit berkonsentrasi
Beberapa ibu hamil akan menjadi pelupa atau sulit berkonsentrasi selama kehamilannya. Tubuh Moms terus bekerja secara berlebihan untuk perkembangan janin sehingga menimbulkan blok dalam pikiran Moms. Tapi, tak usah khawatir dan terpengaruh akan hal ini, buatlah catatan kecil untuk membantu Anda dalam mengingat segala sesuatunya yang berkaitan dengan kepentingan Anda. Sedapat mungkin luangkan waktu untuk beristirahat.

8. Perubahan Kulit
Saat hamil sering kali timbul melasma seperti flek kehitaman di wajah, di lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak dan leher, bahkan timbul garis tengah dan memanjang pada permukaan kulit perut.

Kemungkinan hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon serta kebersihan kulit. Kulit sekitar perut juga mengalami peregangan atau striae gravidarum. Pada beberapa wanita hamil terjadi lebih cepat atau tidak sama sekali, tergantung elastisitas permukaan kulitnya. Jika digaruk bisa berakibat luka hingga ke daerah dermis (lapisan kulit bagian dalam) sehingga bekas luka akan lebih sulit hilang.

Sangat dianjurkan agar Moms banyak mengonsumsi makanan yang berserat seperti buah dan sayuran, dan perbanyak minum air putih 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bisa juga menjaga kelembapan kulit dengan mengoleskan minyak zaitun. Sementara itu, tetaplah menjaga kebersihan kulit, terutama pada daerah lipatan seperti ketiak atau leher karena daerah tersebut lebih banyak mengeluarkan keringat.

9. Pertumbuhan Rambut dan Kuku
Perubahan hormonal menyebabkan kuku akan tumbuh lebih kuat dan rambut akan tumbuh lebih banyak. Bahkan rambut bisa tumbuh pada tempat yang tidak diinginkan seperti wajah atau perut. Tapi tak usah khawatir Moms! Perubahan ini akan hilang dengan sendirinya setelah bayi Anda lahir. 


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost